Pemuda Demokrasi Kebangsaan Bentuk Pemuda Tanggap Bencana - saluransatu.com

Pemuda Demokrasi Kebangsaan Bentuk Pemuda Tanggap Bencana

SALURANSATU.COM – Kota Bekasi, Pemuda Demokrasi Kebangsaan menggelar kegiatan bertajuk ‘Pemuda Tanggap Bencana’ yang dilaksanakan pada hari Jum’at – Ahad (1-3/12/2023) di Gedung Multiguna Bintara, Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Menghadirkan keynote speaker Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Dr. Raden Isnanta, M.Pd yang di wakili Asisten Deputi Kepeloporan Pemuda, Drs. Zainal Aminin, M.Pd., M.Si.

Acara ini bertema “Membentuk Pemuda Aktif Beraksi Tanggap Bencana”. Kegiatan Pelatihan Pemuda Tanggap Bencana ini diselenggarakan karena Pemuda Demokrasi Kebangsaan turut mempersiapkan pemuda tangguh dalam menghadapi situasi bencana secara profesional untuk menjadi relawan yang berkontribusi sosial.

Ketua Umum Pemuda Demokrasi Kebangsaan, Reza Fahrur Sam mengatakan Pemuda Demokrasi Kebangsaan (PDK) menilai jika pemuda tidak disiapkan sejak dini untuk peduli dan tanggap bencana dan sosial, maka yang seharusnya bisa menjadi keuntungan bagi masyarakat malah berdampak bencana dan berbalik menjadi beban.

“Sebagai warga negara yang hanya bisa berharap dari petugas penanggulangan bencana yang sangat minim dikarenakan potensi bencana dilingkungan kita masih rawan bencana baik banjir, gempa, kebakaran maupun bencana moral,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Kepeloporan Pemuda, Kemenpora RI, Drs. Tb. Zainal Aminin M.Pd., M.Si. mengatakan kapan dibutuhkan dalam waktu singkat bisa cepat hadir.

Penanggulangan bencana di suatu daerah yang membutuhkan dengan tanggap dan cepat memberikan pertolongan pertama kepada para korban terdampak bencana nantinya secara cepat.

Mampu menanggulangi bencana saat datang dengan skil atau kemampuan yang terlatih melalui bimbingan tekhnis Collabs Rangers.

Para peserta sangat antusias untuk hadir dalam acara pelatihan Pemuda Tanggap Bencana. Acara ini juga dihadiri oleh BPBD Kota Bekasi dan KNPI Kota Bekasi serta 150 peserta kategori pemuda dan mahasiswa usia 16-30 tahun secara luring.

Kesukarelawanan (volunteer) para pemuda dalam membentuk karakter pemuda yang ikhlas baik mental dengan kecepatan, peka terhadap lingkungan, harus menolong antar sesama tidak memiliki rasa acuh dan tentu harus di dasari dengan jiwa yang terlatih.

“Kedepan Collabs Rangers akan menjadi pemuda pelopor tangguh di bentuk dalam beberapa angkatan nantinya, di fasilitas oleh Kemenpora dan diharapkan Pelatihan Tekhnis ini bisa memberikan materi pengetahuan dasar dalam menanggulangi bencana,” Tutup Tb. Zainal Aminin yang juga merupakan putra daerah asli Banten. (Rez)