Ushtuchri: Biaya Hidup Ideal Satu Keluarga di Kota Bekasi Minimal 2 juta di Masa Pandemi

SALURANSATU.COM – Kota Bekasi, Politisi PKB kota Bekasi, H. Ahmad Ushtuchri angkat bicara terkait refoccusing dan realokasi anggaran bantuan sosial bagi warga kota Bekasi yang terdampak pandemi global Covid-19 agar nilainya menjadi lebih ideal.

“Saya mendorong Pemkot Bekasi khususnya untuk kembali me-refoccusing dan merealokasi anggaran supaya nilainya ideal. Untuk biaya hidup satu keluarga di kota Bekasi, saya kira yang ideal itu adalah upah minimum kota minimal di masa pandemi ini 50-60% atau sekitar 2 juta rupiah untuk bantuan kelurga keluarga terdampak Covid-19,” ujarnya kepada saluransatu.com, Senin, (27/4/2020).

Bantuan tingkat pusat, provinsi maupun daerah dinilainya harus terus diperbaiki, baik validitas data, cara pendistribusian, kuantitas bantuan, daya jangkau bantuan dan nilai tiap-tiap bantuan dari paket yang diberikan.
“Kita melihat dari pusat ada 600 ribu, dari provinsi Jawa Barat ada 500ribu dan kota Bekasi paling kecil 150ribu rupiah. Saya kira ini perlu dipikirkan nilainya, karena rasanya tidak mungkin apalagi ini di bulan suci Ramadan dengan nilai yang sekecil itu orang kemudian punya pengganti yang setara untuk tidak keluar rumah, hanya mengandalkan bantuan pemerintah,” ujarnya.

Ia menyarankan pemkot mendahulukan penanggulangan jangka pendek, safety net dan juga upaya upaya kesehatan. Oleh karena itu anggaran pengeluaran yang tidak perlu dihilangkan terlebih dahulu dan Pemkot bisa fokus sampai akhir tahun untuk upaya preventif dan kuratif kesehatan dan menanggulangi dampak ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *