Pakar Ekonomi Islam Inggris Bawakan Kuliah Umum di Gunadarma - saluransatu.com

Pakar Ekonomi Islam Inggris Bawakan Kuliah Umum di Gunadarma

Pada acara Kuliah Umum Internasional dengan Tema “Knowledge, Innovation and Islamic Finance: A New Institusional Economics Perspective”, diselenggarakan Program Studi Ekonomi Syariah hadirkan Habib Ahmed, sebagai pembicara, Jum’at (15/11/19).
Dalam orasinya, pakar keuangan Islam dari Durham University UK ini, menerangkan bahwa perkembangan ekonomi dan keuangan syariah tidak hanya tingkatkan inklusi keuangan lokal, tapi juga dalam rangka menangkal kondisi pelemahan ekonomi dan keuangan dunia.
“Ekonomi dan keuangan syariah modern, harus selalu melakukan inovasi, hal itu merupakan modal utama yang mendorongnya untuk terus berkembang dan maju,” ungkapnya di hadapan sekitar 300 peserta yang memadati aula Universitas Gunadarma.
Selain itu, kata profesor ekonomi dan keuangan Islam terkemuka di Inggris ini, dibandingkan dengan model institusional keuangan konfesional, institusi ekonomi dan keuangan syariah harus menjadi roadmap bagi perkembangan ekonomi dan keuangan dunia.
Habib Ahmed meneruskan, bahwa Baitul Maal wa Tamwil (BMT), yang merupakan format koperasi khas Indonesia, memiliki budaya inovasi yang lebih tinggi, hal ini juga yang menyebabkan BMT lebih mampu mencapai ekspektasi sosial dan komersial ekonomi syariah.
“Melihat urgensinya, budaya inovasi ini harus menjadi target keluaran perguruan tinggi yang menyediakan program ekonomi dan keuangan Syariah,” tegasnya.
Disamping itu, menurut ketua pelaksa M. Rizky Rizaldy, kuliah umum ini merupakan pengenalan, terutama masyarakat akademis, bahwa perkembangan ekonomi syariah tidak hanya terjadi di negara yang penduduknya mayoritas muslim melainkan juga mengalami perkembangan pesat di negara-negara non muslim seperti Barat.
“Di Inggris telah lama melakukan kajian. Bahkan di Universitas Durham UK, membuka kajian dan konsentrasi Keuangan Islam. Ini mempertandakan, literasi keuangan syariah mulai menguasai dunia dengan melihat lebih kepada manfaatnya,” ungkap Rizaldy dalam sambutannya.
Kuliah umum internasional ini di buka secara langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, Dr. Toto Sugiarto, dengan menghadirkan pejabat kampus sejajaran. Dalam sambutannya, ia mengucapkan selamat datang di Indonesia kepada narasumber dan hadirin di Kampus F8 Gunadarma. Ia selalu mensupport segala kegiatan dan gerakan ekonomi yang berbasis syariah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *