Prof Rokhmin Dahuri Dukung Penggunaan Teknologi Berbasis Industri 4.0 - saluransatu.com

Prof Rokhmin Dahuri Dukung Penggunaan Teknologi Berbasis Industri 4.0

Penggunaan teknologi berbasis industri 4.0 menurut Prof. Rokhmin Danuri sangat tepat untuk memajukan potensi ekonomi kemaratiman Indonesia.
Jakarta, – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Prof. Rokhmin Danuri sangat mendorong potensi ekonomi kemaratiman di tanah air. Namun hal itu perlu dilakukan dengan cara yang tepat.
Dalam sambutannya pada seminar bertajuk “Proyeksi Kebutuhan IPTEKS Untuk Pembangunan Ekonomi Maritim Berjekelanjutan di Era Industri 4.0 dan Perubahan Iklim Global” Rokhmin Danuri mengatakan jika negara Indonesia akan mampu mendayagunakan potensi ekonomi maritim jika menggunakan cara yang tepat.
“Potensi maritim kita luar biasa besar bagi kemajuan, kesejahteraan, dan kedaulatan bangsa, karena itu akan tepat jika kita menggunakan inovasi teknologi berbasis Industri 4.0.” Ujar Rokhmin Dahuri pada acara Pertemuan Ilmiah Tahunan XVI ISOI (Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia) di Hotel Santika, Ambon, Maluku, Kamis (7/11/2019).
Prof. Rokhmin menambahkan bahwa hal itu juga harus ditunjang dengan manajemen pembangunan yang mensinergikan seluruh mata rantai suplai.
“Indonesia harus meningkatan kapasitas inovasi di bidang kelautan. Apabila potensi ekonomi kelautan dikembangkan berbasis inovasi dengan benar, maka diyakini ekonomi maritim akan berkontribusi signifikan bagi terwujudnya Indoneisa maju, sejahtera dan berdaulat paling lambat tahun 2045.” Imbuh Rokhmin Danuri.
Acara ini sendiri dihadiri oleh sekitar 250 ilmuwan Kelautan dari seluruh Indonesia, Jerman, Jepang, Korea, China, dan Australia. Pembicara per sesi antara lain: Prof. Dr. Zaenal Arifin (LIPI), Prof. Zhang (Pukyong University, Korsel), Dr. Martin Snorgas (Jerman), Prof. Safwan Hadi (ITB), Prof. Agus Hartoko (UNDIP), Prof. Alex Retraubun (UNPATTI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *