Amien Rais: Wacana Poros Ketiga Pilpres 2019 Abal-abal - saluransatu.com

Amien Rais: Wacana Poros Ketiga Pilpres 2019 Abal-abal

SALURANSATU.COM — Politisi Senior Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menyatakan, wacana pembentukan poros ketiga dalam Pemilihan Presiden 2019 hanya gimmick politik semata. Pasalnya, dari hitungan partai yang belum menentukan sikap pada Pilpres, tidak dimungkinkan gerbong tersebut terbentuk.
Amien menjelaskan, dari sekian banyak partai politik (parpol) yang berhaluan mendukung Joko Widodo (Jokowi) untuk mencalonkan kembali, terdapat empat parpol, yakni Demokrat, Gerindra, PAN, dan PKS yang tidak atau belum menyatakan sikap mendukungnya.
Dia memisalkan, bila partainya bergabung dengan Gerindra dan PKS mendukung Prabowo seperti Pilpres sebelumnya, tinggal tersisa Demokrat, sehingga poros baru tidak dimungkinkan terbentuk.
“Demokrat dengan siapa? Tidak ada. Jadi sesungguhnya omongan poros ketiga itu, itu omongan abal-abal tidak ada kenyataannya, bagaimana pembentukannya nanti?,“ kata Amien ditemui di Islamic Center Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/4/2018) usai melakukan silaturahim dengan Jawara, Ulama dan Habaib Se-Jabar Jakarta Banten.
Amien percaya, kontestasi Pilpres jadi ajang head to head dua calon. Hanya saja, terkait nama orang yang resmi akan menyaingi nama Jokowi dibutuhkan waktu untuk menetapkannya. Karena selain nama Prabowo, nama Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi dan Gatot Nurmantyo mengemuka di publik.
“Sehingga nanti head to head, hanya dua, cuma sekarang bangsa Indonesia sedang menunggu siapa yang akan menantang incumbent ini,” kata Amien.
Dia juga mengatakan, usai ditentukan siapa lawan main Jokowi, siapapun dia, maka yang perlu dipersiapkan dengan baik adalah calon wakil presidennya. Menurutnya, pesta demokrasi lima tahunan ini kembali akan ramai seperti sebelumnya. (SS1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *