Posko Relawan Nur-Firdaus Bekasi Timur Layani Pemeriksaan Gratis Kanker Serviks - saluransatu.com

Posko Relawan Nur-Firdaus Bekasi Timur Layani Pemeriksaan Gratis Kanker Serviks

SALURANSATU.COM – Sejak pagi, para relawan Nur Firdaus wilayah Bekasi Timur sudah mempersiapkan kegiatan Pelayanan Kesehatan gratis sejak pukul 7.30 pagi.
Kegiatan pelayanan kesehatan ini dilaksanakan di RW 02, Jalan Delima, Kelurahan Duren Jaya, Bekasi Timur.
Kali ini pelayanan kesehatan yang digelar secara gratis ini fokus pada pemeriksaan kesehatan perempuan, terutama para ibu.
Dalam sambutannya, salah satu dokter yang melayani masyarakat, Dr. Dewi Astati menyampaikan, kanker mulut rahim atau yang dikenal juga dengan kanker serviks adalah salah satu kanker yang paling banyak diderita oleh para ibu. “Untuk itu kami mengajak ibu-ibu untuk bersemangat, jangan ragu dan tidak usah takut untuk melakukan pemeriksaan dini kesehatan mulut rahim ibu,” katanya.
Para relawan Nur-Firdaus terlihat sangat serius dalam membantu ibu-ibu warga kelurahan Duren Jaya untuk pencegahan kanker serviks. Keseriusan ini terlihat dengan disediakannya 2 metode pengecekan, yaitu dengan pemeriksaan USG sebagai deteksi secara eksternal ditambah dengan tes IVA (Inspeksi Visual Asam asetat) yang merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 sampai dengan 5%.
Selain menyediakan 2 metode test, tak tanggung-tanggung, panitia pelaksana juga mendatangkan 3 orang dokter, 1 diantaranya adalah dokter spesialis kandungan, sehingga hasil tes bisa segera ditindak lanjuti.
Oma Wice, wanita berusia 84 tahun adalah salah seorang peserta pelayanan kesehatan gratis ini. “Saya merasa senang ada acara cek kesehatan gratis ini, karena bisa nge-cek kesehatan seluruhnya, dan hasil tes gula darah maupun Asam urat juga Bagus,” katanya.
Oma Wice adalah warga Kelurahan Duren Jaya tepatnya di RW 10, adalah seorang nenek yang berasal dari Manado yang sudah lama tinggal di Bekasi, bahkan Oma Wice sampai sudah lupa kapan ia mulai tinggal di Bekasi bersama anak-anaknya.
Dalam kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi salah satu program calon wali Kota Bekasi No. 2 Nur-Firdaus, yang salah satu program unggulannya adalah KBM (Kartu Bekasi Maju) yang merupakan sebuah langkah penyempurnaan dari Kartu Sehat, KBM dikatakan penyempurnaan karena tak hanya memberikan jaminan kesehatan saja kepada warga Bekasi, tapi juga memberikan jaminan pendidikan dan jaminan sosial dengan harapan penyempurnaan ini membuat Bekasi menjadi lebih maju. (b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *