Jebolan SMK di JABAR Dorong Industri Perikanan Ishinomaki Jepang - saluransatu.com

Jebolan SMK di JABAR Dorong Industri Perikanan Ishinomaki Jepang

Jebolan SMK di JABAR Dorong Industri Perikanan Ishinomaki Jepang
WhatsApp-Image-20160723 (4)
Saluransatu.com – Hampir 10 tahun program pemagangan ke Jepang, lulusan SMK Perikanan di Jawa Barat berjalan, program ini dinilai telah memberikan kontribusi besar dalam industri perikanan di Kota Ishinomaki. Terutama, pasca tsunami yang terjadi 2011 lalu di Jepang.
Kepala Dinas Perikanan Kota Ishinomaki Mr. Oikawa Shinetsu pun mengucapkan terimakasih atas hal tersebut kepada Jawa Barat. Program government to government antara Jawa Barat – Ishinomaki yang selama ini telah berjalan, menurut Oikawa telah banyak membantu industri perikanan. Melalui kerjasama ini, diharapkan industri perikanan di Jabar maupun di Ishinomaki bisa terus dikembangkan.
“Program G to G (government to government) yang selama ini berjalan saling membantu – bukan di bidang pemagangan saja tapi juga untuk pengembangan program perikanan. Ini merupakan suatu kebanggan bagi kami warga Ishinomaki di Jepang,” kata Oikawa dalam sambutannya sebelum acara seleksi dimulai.
“Dan kalau tidak ada program pemagangan dari Jabar, perikanan di Ishinomaki tidak akan berjalan baik,” tambahnya.
Sebagai bentuk terimakasih, pemerintah Kota Ishinomaki pun memberikan beasiswa untuk 20 orang anak SMK Perikanan berprestasi yang diprioritaskan bagi anak nelayan yang berprestasi sebesar Rp 3 juta/orang per tahun selama 3 tahun. Dan berikut data penerima beasiswa tersebut:
1.    Tahun 2014: SMKN 2 Indramayu 10 orang dan SMKN 1 Mundu 10 orang;
2.    Tahun 2015: SMKN 2 Indramayu 5 orang, SMKN 1 Mundu 5 orang, SMK Gebang 2 orang, SMKN 1 Pangandaran 2 orang, SMKN 1 Palabuhanratu 2 orang, SMKN 2 Subang 2 orang, SMKN 1 Kandanghaur 2 orang;
3.    Tahun 2016: 20 orang.
Beasiswa ini merupakan tahap ketiga yang diberikan selama 3 tahun atau selama mengikuti pendidikan di SMK dengan harapan setelah lulus mereka dapat ikut serta dalam program magang di Ishinomaki. (*/dns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *