Percaya Diri Versi Milenial

ilustrasi: istimewa

Oleh: Kadek Trisna Putri Juniarietika (Mahasiswi London School of Public Relations)

Berada di tengah masyarakat, banyak anak muda yang tidak tahu bagaimana cara untuk membangun rasa percaya diri. Rasa tidak percaya diri bisa saja disebabkan perasaan tidak yakin, selalu merasa nervous, adanya tekanan di dalam diri ataupun rasa rendah diri yang seringkali muncul pada dirinya. Hal tersebut jika berkelanjutan akan mengganggu pergaulan.

Menurut teori kepercayaan diri, ciri-ciri seseorang yang memiliki rasa kurang percaya diri biasanya selalu memiliki pikiran yang negatif baik pada diri sendiri maupun pada orang lain.

Kecenderungan menarik diri dan memilih sendiri adalah salah satu ciri seseorang tidak percaya diri. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Penampilan juga menjadi faktor utama untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa kurang percaya diri. Salah satunya adalah dengan latihan berbicara di depan umum. Misalnya mencoba untuk mengungkapkan pendapat kita saat sedang rapat di tempat kerja atau jika seorang mahasiswa atau pelajar kita bisa ikut serta dalam organisasi.

Jika ini adalah soal penampilan, cobalah untuk tidak peduli terhadap pembicaraan orang lain mengenai penampilan kita. Tidak perlu terlalu berlebihan menanggapi komentar orang lain tentang diri kita, karena belum tentu mereka lebih baik dari kita.

Rasa percaya diri terhadap apa yang kita gunakan membuat penampilan kita lebih baik. Cara lain untuk mengatasi rasa tidak percaya diri adalah sebagai berikut:

Selalu berpikir positif

Karena pikiran negatif yang ada dalam diri memunculkan rasa tidak percaya dalam diri seseorang, untuk itu ada baiknya kamu hilangkan semua hal buruk yang selalu ada dalam pikirkan. Hilangkan pikiran negatif terhadap pembicaraan orang lain mengenai diri kita, hilangkan rasa khawatir tidak diterima di lingkungan pergaulan, karena hal tersebut pun belum tentu akan terjadi. Dengan memiliki pikiran yang positif tentu akan mendatangkan hal-hal yang positif pada diri, sehingga kamu pun akan mampu mengatasi rasa minder atau tidak percaya diri.

Menghargai diri sendiri

Hargai diri anda sendiri adalah cara untuk membahagiakan diri sendiri, dengan cara ini pun bisa mengatasi rasa tidak percaya diri yang seringkali terjadi pada seseorang. Kamu juga perlu menghargai diri sendiri, sehingga hal ini akan membantu untuk menghargai diri orang lain. Memberikan penghargaan pada diri sendiri, dengan mensyukuri pencapaian apa saja yang sudah kamu dapatkan meski hal tersebut bukan hal yang besar, namun akan membuat kamu jauh lebih menghargai apa yang dianugerahkan

Melakukan introspeksi diri

Apabila seseorang merasa tidak percaya diri, biasanya orang tersebut tidak menyadari potensi yang ada di dalam dirinya. Untuk itu sebaiknya, kembangkan apa yang ada di dalam dirimu, sehingga kamu pun mampu untuk mengatasi dan juga memperbaiki yang kurang, karena setiap manusia memang mempunyai kepribadian yang unik dan berbeda-beda.

Mengenali diri sendiri

Dapat mengenali diri sendiri merupakan sebuah proses yang di dalamnya bisa membantu menemukan kejujuran pada diri juga melakukan introspeksi. Dengan jujur pada diri sendiri mampu membuatmu mengetahui apa saja kelebihan yang ada di dalam dirimu, mengetahui hal apa saja yang bisa dibenahi dan juga dikembangkan lagi. Langkah ini merupakan hal yang sulit. Biasanya orang-orang cenderung lebih mudah mengenali diri orang lain dibandingkan diri sendiri.

Meningkatan pengetahuan dengan membaca buku

Memiliki pengetahuan yang luas dibandingkan dengan orang lain juga dapat mengatasi rasa tidak percaya diri. Mengetahui informasi sebanyak-banyaknya tentu bisa sangat berguna dan juga membuat pengetahuan kamu menjadi lebih tajam dan juga baik. Hal ini juga sangat bermanfaat agar wawasan yang kamu miliki semakin mengalami peningkatan, hal tersebut tentu bisa dijadikan sebagai sarana dalam hal meningkatkan rasa percaya diri. Khususnya dalam pergaulan dan juga pendidikan yang kamu miliki.

Mencoba sesuatu yang baru

Menemukan dan mencoba hal baru yang tidak pernah dilakukan sebelumnya tentu akan membuat kepercayaan diri semakin meningkat. Hal tersebut juga sangat penting dilakukan agar nantinya bisa membuat kamu mengatasi rasa ketidakpercayaan diri yang terkadang timbul dan dimiliki oleh sebagian orang.

Selalu berbuat baik

Selalu melakukan hal baik dan juga berbuat baik pada orang lain tentu akan bisa membuat rasa kepercayaan diri kamu muncul kembali. Hal tersebut juga berhubungan dengan hal positif yang anda lakukan pada orang lain, secara otomatis kepercayaan diri akan meningkat dan membuat kamu dapat mengatasi rasa tidak percaya diri yang muncul.

Temukan dan kembangkan kelebihan pada diri

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan pada dirinya. Untuk meningkatkan rasa percaya diri perlu mengetahui kelebihan pada dirimu. Mengembangkan minatmu. Hal ini menjadi salah satu cara mengatasi minder dalam pergaulan, karena dengan mengoptimalkan kelebihan yang kamu miliki kamu bisa mendapatkan lebih banyak teman yang memiliki potensi yang sama. Hal tersebut mampu membuat rasa tidak percaya diri anda teratasi dan juga sedikit demi sedikit berkurang.

Memperbaiki Penampilan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Penampilan sangat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Cobalah untuk melakukan perubahan pada diri sendiri bukan berarti kamu melakukan perubahan yang secara signifikan pada diri kamu. Misalnya menyesuaikan pakaian sesuai bentuk tubuhmu, dan menggunakan makeup sewajarnya pada usiamu. Kamu juga bisa melakukan banyak perubahan dan memberikan energi positif khususnya untuk diri kamu.

Yang terpenting adalah pastika kamu memakai pakaian yang memang nyaman dan merasa percaya diri ketika memakainya. Jangan ragu untuk sedikit memoles wajah dengan makeup yang akan membuat wajah kamu lebih segar.

Sering berinteraksi dan berperan aktif dalam masyarakat

Untuk mengatasi rasa tidak percaya diri, minder dan rasa khawatir tidak diterima oleh lingkungan sekitar adalah dengan memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman yang sedang dihadapi. Caranya adalah dengan banyak melakukan interaksi dengan orang lain.

Menjadi diri sendiri

Menjadi diri sendiri atau menerima diri apa adanya bukan berarti pasrah dan tidak mau memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik. Pahami dirimu, apa yang kamu suka dan apa yang tidak kamu sukai. Dengan menjadi diri sendiri dan mencari cara untuk percaya terhadap diri sendiri membuat kamu bisa menumbuhkan rasa percaya diri, untuk itu sebaiknya jangan pernah mengubah diri kamu nampak seperti orang lain, karena hal tersebut malah akan membuat diri kamu semakin minder dan tidak yakin pada diri sendiri. Lakukanlah hal yang menurut kamu baik dan juga positif.

Be the first to comment on "Percaya Diri Versi Milenial"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.