Jelang Pemekaran Bekasi Utara P3KB dan Aliansi Utara Berdayakan Kordes

SALURANSATU.COM – Ketua Panitia Persiapan Pemekaran Bekasi Utara (P3KB) Sanusi Nasihun dalam acara halal bi halal pengurus inti dan seluruh Koordinator Desa (Kordes) di kantor pusat P3KB, Babelan, Bekasi, Ahad (23/6/2019) menyatakan salah satu bentuk persiapan dalam menyambut pemekaran wilayah Bekasi Utara adalah kekuatan koordinator desa itu sendiri.

Ia mengaku kesiapan dan persiapan Kordes menjadi tolok ukur utama P3KB.

“Kalau kesiapan kordes memang menjadi salah satu capaian kesejahteraan. Bagaiamana kesejahteraan itu langsung terbangun sampai ke tingkat kordes,” ujarnya kepada saluransatu.com, Ahad (23/6/2019).

Pemekaran, kata Sanusi bukan cuma sebuah wacana. P3KB sudah mulai membangun kerangka dan sistemnya sampai tingkat kordes. Tidak hanya mengedepankan rencana pemekaran saja namun lebih dari itu juga menyiapkan SDM-nya.

“Bagaimana sistem yang mau kita bangun itu sampai tingkat Kordes? jadi kita tidak hanya membuat sebatas sistem, tapi kita juga siapkan pencerahan persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) pada tingkat kordes dan itu yang paling utama,” terangnya.

Menurut Sanusi target kesejahteraan itu bukan hanya di podium, lips service, dialog politik apalagi retorika. Kata-kata kesejahteraan harus masuk dan melekat ke dalam tingkat kecerdasan masyarakat.

Sanusi mengakui tingkat pendidikan Kordes sangat beragam. Mereka ada yang berlatarbelakang guru, buruh, nelayan, akan tetapi mereka harus dipersiapkan terkait pemahaman Daerah Otonomi Baru (DOB), apalagi terkait dengan persiapan pemekaran

Kordes juga harus dibekali dengan pengetahuan yang utuh terkait pemekaran dan juga konsep kesejahteraan itu sendiri, sehingga mereka nantinya mampu membuat kerangka konsep kesejahteraan dalam bingkai kesehatan, pendidikan, ekonomi dengan cara mengukur parameter wilayah mereka masing-masing.

Untuk itu P3KB juga mempersiapkan para mentor dan narasumbernya untuk melatih para Kordes dengan diklat dan training sebagai pembekalan.

“Jadi kalau mau menikmati hasil perjuangan ya kita harus belajar dan saya tekankan bahwa Kordes adalah ujung tombak dari perubahan di Bekasi Utara, maka dari itu seleksi Kordes menjadi skala prioritas,” imbuhnya.

Kordes dibekali dengan pengetahuan mengenai Undang-undang, pemberdayaan serta pemahaman perubahan.

“Untuk itu sering kali saya katakan Kordes merupakan target program paling mendasar dan pilar bagi perubahan,” jelasnya ,”Saya melihat teman-teman Kordes masih terus bersemangat dengan gerakan perubahan ini, dan memang kita juga persiapan proses langkah, administrasi, konsep pengembangan wilayah, bagaimana wilayah tergali dengan baik, makanya persiapan ini simultan,” pungkasnya. (nis)

Be the first to comment on "Jelang Pemekaran Bekasi Utara P3KB dan Aliansi Utara Berdayakan Kordes"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.