Lejitkan Kecerdasan Anak Lewat Mendongeng

SALURANSATU.COM – Komunitas Peduli Anak bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Panca Sakti mengadakan pelatihan mendongeng anak bersama Kak Mul. Bertempat di Aula Kampus Panca Sakti Jalan Hankam 45, Jatirahayu, Pondokmelati, kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, (16/2/2019).

Di hadapan ratusan peserta yang hadir, ustadzah Nur Azizah Tamhid pimpinan majelis taklim Al Mubarokah, Depok, yang juga sebagai pembicara pertama dalam acara tersebut menyatakan mendongeng mampu melejitkan kecerdasan anak.

Nur Azizah Tamhid yang juga pemerhati anak dan keluarga ini memaparkan perbedaan antara dongeng dengan kisah. Untuk menghasilkan yang terbaik, mendongeng memiliki unsur seni sehingga hasilnya menjadi indah. Ada seni bertutur kata, seni ekspresi wajah, seni intonasi dan suara yang berubah ubah, seni ekspresi atau bahasa tubuh dan juga dibutuhkan audien yang langsung berhadapan.

Sedangkan terkait dengan kisah menurut Nur Azizah Tamhid adalah seperti halnya kisah-kisah para nabi yang diabadikan di dalam Al Qur’an.

“Seperti kisah di surat Yusuf, sungguh bahwa kisah para Nabi merupakan pelajaran yang baik (mauidzoh hasanah) untuk orang-orang yang berakal. Bahwa Al-Qur’an merupakan sebagai petunjuk buat anak anak sangat penting dikenalkan sejak dini,” ujarnya.

Sementara itu, menurut pendongeng, Kak Mul, dalam teknik mendongeng, pendongeng harus menjadi anak-anak, karena di dalam dongeng ada pesan yang ingin kita sampaikan agar pesan itu bisa dinalar anak. Dongeng juga akan terekam baik pada otak anak hingga dewasa. (Aa)

Be the first to comment on "Lejitkan Kecerdasan Anak Lewat Mendongeng"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*