JARI Sehat Layani Kesehatan Warga Miskin Pemprov DKI Lewat Program OK-Ocare

SALURANSATU.COM – Jakarta (14/4) – Ratusan relawan Jaringan Akses Sehat (Jari Sehat) Indonesia yang ada di DKI Jakarta akan dilantik oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di RPTRA Pulo Gundul, Johar, Jakarta Pusat, Sabtu (14/4), mulai dari pukul 8 hingga 5 sore

Kehadiran orang nomor dua di DKI tersebut sekaligus untuk melaunching kerjasama antara JARI Sehat dengan Pemprov DKI melalui Program OK-Ocare.

Menurut Ketua Harian JARI Sehat, Israyani, sejauh ini JARI Sehat telah bekerjasama dengan baik dengan Dinas Kesehatan dalam mengatasi beragam persoalan kesehatan, mulai dari pembiayaan pasien kurang mampu, pelatihan penanganan kegawat daruratan, pendampingan BPJS, hingga penyediaan ambulan menuju ke RS.

“Alhamdulillah, sejauh ini relawan JARI Sehat telah tersebar di setiap kelurahan. Kami mengapresiasi atas kerjasama dan dukungan dari Pemprov DKI selama ini. Insya Alloh, JARI Sehat siap untuk berpartisipasi dalam Program OK Ocare. Sehingga, Jakarta dapat menjadi kota yang sehat, biaya pelayanannya terjangkau,” jelas Israyani di lokasi acara.

Ia mencontohkan salah satu kasus yang pernah ditangani bersama dengan Pemprov DKI adalah saat menangani pasien bernama Virgi dari Jakarta Barat. Ibu Virgi, kala itu, mengalami patah tulang dan lama tidak tertangani karena tidak memiliki BPJ. Pun halnya dengan Ibu Sartika dari Kelurahan Utan Kayu yang mengalami luka bakar dan lambat penanganan karena persoalan administrasi sehingga sulit mengurus BPJS.

“Meskipun tidak terekspose ke publik, Relawan JARI Sehat Indonesia akan terus bekerja untuk masyarakat, khususnya warga Jakarta,” jelas Israyani.

Acara pelantikan ini sendiri, juga diisi dengan berbagai pelatihan seperti Pelatihan CPR bagi Kader Posyandu, Penyuluhan Relawan BPJS, Penyuluhan Penanganan Dini Penyakit Stroke, Pemeriksaan Kesehatan Masyarakat, dan Pemeriksaan Gigi.

Diketahui, komunitas kesehatan JARI Sehat telah berdiri sejak tahun 2011 yang hadir karena inisiatif masyarakat atas dasar spirit dan kepedulian terhadap permasalahan kesehatan. JARI Sehat senantiasa berkomitmen untuk berkhidmat melayani masyarakat miskin dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Adapun komunitas ini diketuai secara umum oleh dr. Haznim Fadhli, SpS dengan ketua harian oleh Israyani. Untuk mengakses pelayanan kesehatan, JARI Sehat siap on call 24 jam dengan nomor 081574300300. ***

Be the first to comment on "JARI Sehat Layani Kesehatan Warga Miskin Pemprov DKI Lewat Program OK-Ocare"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.