Event Bekasi

PT Wiraswasta Gemilang Indonesia Gelar Lomba Rumah Bersih di Cikarang Barat

Saluransatu.com – PT Wiraswasta Gemilang Indonesia bekerja sama dengan Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi mengadakan lomba “Rumah Bersih, Hijau dan Sehat” di Kampung Mariuk Poncol RT 03 dan RT 05, Desa Gandamekar, Kecamatan Cikarang Barat. Acara yang diadakan pada hari Sabtu, 19 Agustus 2017 merupakan salah satu kegiatan CSR PT Wiraswasta Gemilang Indonesia di bidang lingkungan. Fitriasih Lestari, selaku CSR team leader PT. WGI mengatakan, “Tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan dimulai dari lingkup yang paling sederhana yakni tempat tinggal mereka masing-masing.” Jumlah rumah yang diikutsertakan ke dalam lomba sebanyak 15 rumah yang sebelumnya telah dilakukan survey dan pemeriksaan oleh tim. Persiapan sudah mulai dilakukan sejak bulan Juni lalu, mengingat acara ini akan dihadiri oleh tamu kehormatan Bapak Asmar Latim Sani selaku Kepala Desa Gandamekar.

Bapak Muhammad Suhapli selaku Ketua Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi sangat mengapresiasi kegiatan ini. Bercermin dari kegiatan yang sudah pernah dilakukan di tempat lain, Pak Hapli, begitu panggilan akrabnya mengatakan,” saya berharap Kampung Mariuk Poncol dapat menjadi perintis dan wilayah percontohan “Kampung Peduli Lingkungan” bagi kampung-kampung lainnya yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi khususnya Kecamatan Cikarang Barat”. Sebagai tim juri dalam kegiatan lomba ini tentunya menghadirkan personil yang berkompeten dalam memberikan penilaian di antaranya Bapak Wira Atmaja selaku Kepala Puskesmas Danau Indah, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi dan perwakilan dari Kecamatan Cikarang Barat. Masing-masing tim juri akan menilai rumah peserta lomba berdasarkan kriteria penilaian yang telah dirumuskan sebelumnya di antaranya kebersihan rumah dan kamar mandi terjaga, bebas dari sampah, bebas dari jentik nyamuk, terdapat penghijauan dan adanya ventilasi udara.

Kepala Camat Cikarang Barat, Bapak Rahmat Atong menilai positif kegiatan ini. Beliau menilai PT Wiraswasta Gemilang Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang memiliki kesadaran tinggi dalam menjaga kestabilan lingkungannya. “Kondisi Kampung Mariuk saat ini tampak terlihat banyak kemajuan,” tutur Bapak Rahmat Atong pada saat Kampung Mariuk diikutsertakan dalam lomba K7 se-Kabupaten Bekasi bulan Juli lalu. Menurutnya, penampilan kampung yang letaknya bersinggungan langsung dengan PT WGI ini penataannya lebih rapih dengan pemasangan paving blok dan tempat sampah yang dipasang di sepanjang jalan utama serta lebih hijau dengan adanya tanaman hias dan tanaman hidroponik yang mulai dibudidayakan oleh warga. Begitu pula dengan Kepala Desa Gandamekar, Bapak Asmar Latim Sani, beliau berterima kasih atas support yang diberikan oleh PT WGI terhadap Kampung Mariuk. Beliau berharap perusahaan-perusahaan lain juga ikut berperan serta dalam membangun dan menjaga lingkungan sekitarnya.

Kegiatan lomba ini dilangsungkan bersamaan dengan perayaan HUT RI ke-72 agar warga semakin antusias dalam memeriahkan dan menyemarakkannya. Berbagai hadiah menarik telah dipersiapkan sebagai bentuk penghargaan kepada peserta lomba agar tetap konsisten serta selalu termotivasi dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan dan hunian masing-masing warga Kampung Mariuk Poncol. Penghargaan akan diserahkan langsung oleh Kepala Camat Cikarang Barat dan Kepala Desa Gandamekar kepada pemenang lomba. Dengan kerja sama dan semangat dari warga akan sangat membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan CSR PT Wiraswasta Gemilang Indonesia untuk melakukan ekspansi terhadap wilayah sekitar lainnya. Dengan begitu adanya keberadaan industri di tengah pemukiman warga tidak selalu diartikan secara negatif. Namun dapat memberikan kontribusi positif demi terciptanya keseimbangan lingkungan.

Previous post

Gelar Lomba Lari, Bappeda dan Diskominfo Kota Bekasi Jaring Pemuda-Pemudi Berbakat

Next post

saluransatu1

saluransatu1

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *