Nasional

Kepala BPN Baru Targetkan 3500 Sertifikat Tanah Gratis di Kota Bekasi

Saluransatu.com – Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi melakukan silaturahim ke Badan Pertahanan Kota Bekasi (BPN) Kota Bekasi, terkait hadirnya M Irdan, Kepala BPN Kota Bekasi yang baru.

Di kesempatan tersebut, Komisi 1 DPRD sebagai mitra kerja BPN mengucapkan selamat datang atas kedatangan M Irdan untuk memimpin BPN Kota Bekasi.

“Kedatangan kami kemari dalam rangka, pertama, Komisi 1 DPRD Kota Bekasi mengucapkan selamat datang kepada kepala Kantor BPN yang baru, kedua kita menanyakan perihal perkembangan tanah fasos fasum di Kota Bekasi, dan ketiga menanyakan terkait pelayanan terhadap masyarakat, baik prona (program nasional) maupun proda (program daerah),” tutur Daryanto mewakili para anggota Komisi 1 di kantor BPN, Selasa (18/7).

Daryanto menjelaskan, BPN dan DPRD merupakan satu kesatuan yang menjadi mitra kerja pemerintah.

“DPRD dalam hal ini sebagai pengawas, maka dengan adanya silaturahim ini diharapkan dapat mempermudah koordinasi terkait persoalan-persoalan pertanahan di Kota Bekasi,” ucapnya.

Lebih lanjut Daryanto juga mengharapkan agar kinerja BPN semakin berdampak baik pada masyarakat, dan juga dapat meminimalisir persoalan pertanahan yang ada di Kota Bekasi.

Sinergitas antara pemerintah Kota Bekasi dengan BPN, ia menerangkan misalnya seperti soal pembebasan tanah, pelepasan asset.

“Semua ada hubungannya dengan BPN, sehingga perlu bersinergi dengan pemerintah. DPRD sebagai lembaga pengawasan mengusulkan agar dilakukan peningkatkan kerjasama, dengan komunikasi yang baik , karena dengan peningkatan kerjasama dan kinerja BPN, maka akan berdampak baik pada masyarakat,” terangnya.

Untuk itu, ia menambahkan, BPN diminta mempersiapkan personil untuk peningkatan kerjasama tersebut.

Sementara Kepala BPN Kota Bekasi M. Irdan mengatakan, dengan adanya instruksi Presiden Jokowi untuk mendaftarkan tanah di seluruh Indonesia secepatnya, maka pihaknya segera melakukan program tersebut di Kota Bekasi.

“Untuk itu, kami segera meluncurkan program PTSL atau Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang merupakan program Presiden Joko Widodo, kepada BPN RI.

Untuk program tersebut, Irda menjelaskan, pihaknya akan menerbitkan sebanyak 3500 buku sertifikat tanah, yang diawali di Sumurbatu Bantargebang.

“Targetnya 3500 buku tersebut selesai di awal Agustus 2017 ini,” kata Irdan.

Dari target 3500 sertifikat tersebut, lanjut Irdan, yang sudah selesai saat ini sebanyak 900 sertifikat.

“Semuanya gratis, tidak ada biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat, karena sudah dianggarkan APBN,” tandasnya.

Soal kerjasama dan mitra dengan DPRD, Irdan menjelaskan, sebagai mitra kerja Pemkot Bekasi memang perlu ada pengawasan atau kontrol dari DPRD.

“Jadi pantas jika DPRD pun menginginkan BPN meningkatkan kinerja, karena untuk kepentingan masyarakat juga,” ucapnya.

Diterangkannya, seperti yang sudah terjadi selama ini antara DPRD dan BPN sudah terjalin kerjasama yang baik, dalam hal control dan data yang diperlukan khususnya bila ada kasus pertanahan.

“Karena yang mengatahui data soal pertanahan adalah BPN, jadi jika DPRD mendapat keluhan dari masyarakat soal tanah, kemana lagi mencarinya kalau bukan ke BPN,” pungkas Irdan.

Previous post

Gagal Laksanakan PPDB Online, Disdik Dapat Hadiah Pocong

Next post

Halal Bihalal dan Beauty Class HMC Bekasi di Hotel Santika

saluransatu1

saluransatu1

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *