dr. Herbal Medis

Dahsyatnya Kandungan Buah Pisang Secara Ilmiah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Dahsyatnya Kandungan Buah Pisang Secara Ilmiah Bagi Kesehatan dan Kecantikan

By dr Riris Wd,M.Si
Dokter Saintifikasi Jamu, Herbal Medik, Akupunkturis,Konsultan Kecantikan dan Kesehatan dan Herbal ” Victo Box”, Dosen, Peneliti Herbal Medis dan Kecantikan, dan Penulis

Dalam Al Quran disebutkan :
(QS. Al-Waqiah 56:27-29):
“Dan golongan kanan, Alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)”. (QS. Al-Waaqi’ah 56: 27-28)
Secara khusus, pisang termasuk buah yang tersedia di surga. “Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)” (QS. Al-Waaqi’ah 56: 29)
Berikut ini alasan mengapa muslim patut berharap bertemu pisang di SURGA
Ayat pertama : “Bacalah dengan [menyebut] nama Tuhanmu Yang
menciptakan”, (QS. Al-‘Alaq 96:1)
Ayat Kedua, Secara umum, kita diminta jangan seperti orang kafir, “yaitu orang-orang yang matanya dalam keadaan tertutup dari memperhatikan tanda-tanda kebesaran-Ku” (QS. Al-Kahfi 18:101)
Ayat Ketiga, “Hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya” (QS. ‘Abasa 80:24)
Ayat Keempat, Secara khusus, ternyata pisang tergolong ‘beruntung’ karena termasuk nama buah yang disebut Al-Qur’an. Pisang disebut bersama-sama Kurma, Anggur, Zaitun, dan Delima.“Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan [Kami keluarkan pula] zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serup. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan [perhatikan pulalah] kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda [kekuasaan Allah] bagi orang-orang yang beriman”. (QS. Al-An’aam 6:99)

Buah pisang ini termasuk makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Tidak hanya enak rasanya, namun juga kaya manfaat sebagai penyembuh berbagai penyakit.
Para saudagar Islam menyebarluaskan pertumbuhan tanaman ini hingga ke Afrika Barat, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Akhirnya tanaman pisang ini pun menyebar luas ke berbagai penjuru dunia.
Begitu istimewanya buah pisang sehingga disejajarkan dengan buah surga lainnya yaitu Kurma, Delima, Zaitun, dan Anggur. Sangat mengagumkan informasi (kandungan) Al-Quran telah telah menginformasikan jauh hari sebelum penelitian tentang khasiat buah pisang dilakukan dewasa ini. Pisang menjadi salah satu tanaman yang menjadi primadona di Indonesia. Hampir di setiap pelosok daerah, terdapat berbagai macam pisang. Bahkan disetiap kebun-kebun terdapat setidaknya ada 1 buah pohon pisang. Buah yang satu ini memang multi guna, berbagai jenis makanan banyak yang menggunakan buah pisang sebagai bahan dasar ataupun pendampingnya.

Buah Pisang, buah kuning berbentuk melengkung yang dibungkus dengan segudang gizi besar. Pisang merupakan buah-buahan yang tumbuh di Indonesia, sangat mudah sekali tumbuh di tanah Indonesia, sebab pisang tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis. Buah ini sangat mudah tumbuh di Indonesia, sehingga harga buah ini terbilang cukup murah. Meskipun harga buah ini murah tapi manfaat dalam kandungannya sangat tinggi.
Pisang tumbuh setidaknya disekitar 107 negara dan menempati peringkat keempat di antara dunia tanaman pangan yang di nilai secara moneter.

Pisang adalah nama umum yang berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Perlu disadari, istilah “pisang” juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka,pisang hias, dan pisang kipas. Artikel ini hanya membahas pisang penghasil buah konsumsi serta kerabatnya yang berkaitan.
Pisang mengalami perjalanan dan sejarah panjang yang dimulai dari hutan di Asia Tenggara hingga menjadi salah satu buah paling populer di dunia.

Para ahli berpendapat bahwa buah ini merupakan yang pertama dibudidayakan oleh manusia dan mendahului budidaya padi. Budidaya pisang diyakini pertama kali dilakukan di dataran tinggi Papua Nugini. Bukti tertulis paling awal tentang keberadaan pisang ditemukan dalam tulisan-tulisan Buddhis Pali dari abad ke-6 SM, yang menunjukkan bahwa buah tersebut telah mencapai India saat itu.
Pisang juga disebutkan dalam berbagai kitab-kitab kuno Hindu, Cina, Islam, Yunani, dan Romawi. Pada awalnya, pisang berwarna merah dan hijau. Pisang pada masa kini merupakan hasil mutasi yang dilakukan oleh Jean Francois Poujot pada tahun 1836 di Jamaika.

Pada tahun 327 SM, Alexander Agung dan pasukannya menemukan pisang selama ekspedisi mereka ke wilayah Laut Tengah. Kemudian, dengan bantuan penakluk Islam, pisang mencapai Madagaskar dan Palestina.
Pisang kemudian melanjutkan perjalanan melalui pelaut Portugis yang membawa pisang ke Eropa dari Afrika Barat pada awal abad ke-15. Pada tahun 1482, pisang dibawa oleh para penjelajah Portugis ke Canary Island dan Hindia Barat. Penjelajah Portugis dan Spanyol juga berjasa menyebarkan pisang ke kawasan Karibia dan Amerika. China adalah wilayah pertama yang melakukan budidaya pisang secara terorganisir.

Bukti budidaya pisang juga ditemukan di kekaisaran Romawi selama tahun 63-14 SM. Antonio Musa, dokter Kaisar Romawi Octavius Agustinus adalah orang yang mendorong budidaya pisang di kekaisaran Romawi. Orang Amerika Serikat tidak mengenal pisang sampai tahun 1870. Pisang diperkenalkan kepada masyarakat Amerika hampir pada saat bersamaan oleh dua orang yang berbeda yaitu Lorenzo Dow Baker dan Minor Keith. Lorenzo adalah seorang kapten laut yang berkunjung ke Jamaika dan menjadi tertarik dengan buah kuning yang dijual di pasar. Karena penasaran, dia membeli beberapa tandan pisang mentah dan menjualnya di pasar buah New Jersey. Pada saat yang sama, Minor Keith, yang membangun jalan kereta api di Kosta Rika, menanam pohon pisang di dekat jalur kereta api. Ketika pembangunan jalan kereta api selesai, pisang yang sudah matang diangkut ke pelabuhan dengan kereta api dan kemudian diekspor ke Amerika. Segera, pisang menjadi makanan populer di Amerika Serikat. Saat ini, pisang dibudidayakan di lebih dari 170 negara dan memainkan peran penting dalam perekonomian negara-negara berkembang.

Khasiat pisang sebenarnya tidak hanya sebatas sumber kalori bagi tubuh, khasiat pisang bisa kita manfaatkan dari mengobati luka bakar hingga menormalkan detak jantung. Berikut kandungan zat-zat gizi yang terdapat pada 100 gr buah pisang matang adalah 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 mg, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, kalium 467 mg,karotin 78 mg,fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE (81 IU), vitamin B 0,08 mg, vitamin C 0, 3 mg dan air 72 gram, folat 25.0 mcg (85 -100 kalori),magnesium 34 mg,mangan 0,3 mg,riboflavin 0,1 mg, niacin 0,8 mg, 116 kcal tenaga. Rincian gizi pisang ukuran sedang (sekitar 126 gram) dianggap satu porsi.
Asupan pisang yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 4700 miligram per hari.
Kandungan buah pisang sangat banyak, terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain, sehingga apabila orang hanya mengonsumsi buah pisang saja, sudah tercukupi secara minimal gizinya setiap harinya.

Pilihlah pisang yang sudah matang, yang kulitnya hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning, sebab ini akan mudah dicerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah, pisang yang mentah akan sulit dicerna.
Lebih rincinya pisang merupakan buah yang sarat gizi, hampir tidak mengandung lemak dan mudah dicerna. Karbohidrat didalam pisang sekitar 23-35%, lemak 0.2% dan seperti bahan nabati lainnya, pisang bebas kolesterol. Sebanyak 100 gram pisang akan memberikan kalori sebesar 120 kalori. Buah ini juga kaya kalium dan mengandung magnesium, selenium, besi dan vitamin-vitamin serta bebas natrium. Pisang kaya dengan vitamin B6 yang dibutuhkan untuk kesehatan mental seseorang. Kekurangan vitamin B6 ini dapat menyebabkan seseorang mudah lelah dan marah serta susah tidur. Mengonsumsi satu setengah buah pisang setiap hari akan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin B-6 ini. Menyantap makanan kaya kalium dan vitamin B6, khususnya pisang segar (bukan pisang rebus atau pisang goreng) juga dapat mengurangi rasa nyeri, ngilu dan sakit pada persendian. Mengkonsumsi pisang 3 sampai 4 kali sehari bahkan dipercaya dapat membantu mengurangi gejala radang sendi (arthritis). Pisang merupakan makanan kaya kalium. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 467 mg kalium, yang memberikan 13% kebutuhan kalium harian. Data penelitian menunjukkan bahwa pengambilan kalium oleh tubuh berhubungan dengan efek penurunan tekanan darah. Pada tahun 2001, FDA (Food and Drug Administration; semacam Badan POM di USA), menyetujui bahwa makanan yang merupakan sumber kalium dan rendah natrium barangkali dapat mengurangi resiko terjadinya peningkatan tekanan darah dan stroke. Didalam New England Journal of Medicine bahkan disebutkan, bahwa mengkonsumsi satu buah pisang sehari dapat menurunkan resiko stroke sampai 40%.

Jika merasa lesu di antara waktu makan, ambil saja pisang. Gula buah yang terkandung didalamnya (yang tergolong karbohidrat sederhana), akan mudah dicerna dan masuk ke aliran darah sehingga menghasilkan energi instan.
Selain itu, dengan pasokan kalium dari pisang, jaringan otot akan bertenaga kembali selama beberapa saat sebelum tubuh mendapatkan pasokan energi darurat dari makanan utama. Karena hal ini pula, tidak heran jika para atlit terutama atlit tennis seringkali mengonsumsi pisang sebelum dan pada saat bertanding untuk pengusir lelah dan pemberi tenaga.Kandungan tiga gula alami yang terkandung di dalamnya yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa serta serat dapat memberi energi untuk pembakaran energi selama 90 menit.

Didalam The Food Pharmacy oleh Jean Carper, pisang bahkan disebut sebagai makanan mujarab bagi penderita penyakit maag. Barangkali sifat spasmolitik pisang, yang menurunkan kerja lambung dan mengurangi sekresi enzim serta asam lambung, turut berperan dalam menghasilkan khasiat ini. Kandungan pektin yang tinggi didalam pisang juga dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung dan enzim (pepsin).
Pisang juga kaya serat makanan atau karbohidrat kompleks. Konsumsi serat makanan akan membantu memperlancar buang air besar dan sangat baik untuk mencegah kanker usus besar.

Di samping membantu menyembuhkan banyak penyakit, pisang sangat dianjurkan untuk penyembuhan demam, gangguan sistim kerja pencernaan, kejang-kejang, dan terkilir.Tingginya jumlah potassium yang dikandungnya (0.24%) memfasilitasi pembuangan ampas dari tubuh.Pisang menurunkan tekanan darah dan digunakan untuk penyembuhan beragam alergi.Potassium berfungsi bersama sodium, meningkatkan pertumbuhan sel dan otot, dan mengatur ekuilibrium air dan detak jantung. Setiap perubahan pada keseimbangan sodium-potassium dapat mandatangkan ketidakteraturan pada sistim kerja saraf dan otot.

Itulah sebabnya, orang harus menjaga ekuilibrium potassium tubuh. Di samping itu, kekurangan potassium dapat berakibat pada edema (penumpukan air berlebihan di suatu organ tubuh) dan menurunkan jumlah sirkulasi gula di dalam darah. Maka, keseimbangan ini perlu tetap dijaga.
Catatan yang perlu diperhatikan disini adalah bahwa kekurangan vitamin B6 dapat mengakibatkan letih, mempengaruhi kemampuan berkonsentrasi seseorang, insomnia, anemia, penyakit kulit, dan lain-lain.
Sementara, pisang kaya vitamin B6. Pisang memainkan peran penting dalam menggugah reaksi-reaksi unsur kimia dari protein dan asam amino dan merupakan alat penting untuk menjaga otak berfungsi normal.
Unsur-unsur kimiawi ini meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga keseimbangan kimia dalam cairan tubuh, membantu produksi energi, dan memberikan kemampuan bertahan terhadap tekanan (stres).
Karbohidrat berfungsi sebagai enzim penolong dalam proses metabolisme lemak dan protein.

Selain itu, pisang menyembuhkan banyak jenis penyakit anemia (kekurangan sel darah merah dalam darah atau dalam kadar hemoglobin penderita), instrumen dalam pembangunan sel dan otot, memelihara keseimbangan cairan tubuh, dan menyembuhkan penyakit-penyakit pada jantung.
Sungguh, Allah telah menciptakan pisang -buah bermanfaat- dan menjuruskan perhatian kita pada manfaatnya. Maka, atas nikmat ini, hendaklah kita tak termasuk manusia yang “Sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah)” (QS. Ibrahim 14:34). Dan Dia telah memberikan kepadamu [keperluanmu] dari segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung ni’mat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakann ya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari [ni’mat Allah]. (QS. Ibrahim 14:34)
Dari Pisang kita mendapatkan pelajaran,

Pertama, sebagaimana ciptaan Allah yang lain, pisang juga hebat. “Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya (QS. As-Sajdah” 32:7).
Kedua, jangan biarkan ‘fenomena’ pisang berlalu tanpa iman kita bertambah karenanya. “Perhatikanlah, betapa Kami mendatangkan tanda – tanda kebesaran Kami silih berganti agar mereka memahami(nya)” (QS. Al-An’aam 6: 65)
“Ini adalah sebuah Kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memerhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran” (QS. Shaad 38:29)
Ketiga, setelah berkesempatan membaca ayat Allah –tertulis dan yang tak tertulis- maka janganlah kita mengingkari-Nya. “Perhatikanlah, bagaimana Kami berkali-kali memerlihatkan tanda-tanda kebesaran (Kami), kemudian mereka tetap berpaling (juga)” (QS. Al-An’aam 6:46)

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan
1. Sumber Kekuatan/Tenaga
Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.
2. Manfaat bagi Ibu Hamil
Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim. Tetapi atur konsumsi Anda karena dalam satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori yang terlalu besar untuk calon buah hati.
3. Manfaat bagi Penyakit Usus dan Perut
Serat yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup konsumsi saja buah pisang. Mencampur pisang dengan segelas susu, membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seprti terjadiya gejala kanker usus besar. Pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pisang.
a. Diverticulitis, penyakit ini terjadi karena adanya radang pada kantong kecil dalam dinding usus. Kantong-kantong tersebut berisi material fecal yang menyebabkan rasa sakit pada dinding usus. Pisang yang dicampur dengan susu cair atau dimasukkan dalam segelas susu cair, dapat dihidangkan sebagai obat untuk penyakit usus. Karena pisang mengandung serat, lemak,dan minyak sehingga pisang dapat melindungi dinding usus.
Selain itu, cara seperti ini juga direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan kolik guna menetralkan asam lambung.
b. Radang lambung, penyakit ini terjadi ketika jaringan mukosa pada perut terasa perih dan sakit, kita akan mengalami kesulitan pada waktu mencerna makanan, bahkan merasakan sakit yang luar biasa. Juice pisang akan melapisi dinding lambung, menyejukkan, dan menyembuhkan peradangan serius seperti halnya bahan-bahan antasid.
4. Manfaat bagi Luka Bakar
Daun pisang pun dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles karena campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh yang dapat mendinginkan kulit dan menyembuhkan luka bakar.
5. Manfaat bagi Diabetes
Masyarakat Gorontalo di Sulawesi Utara menganggap jenis pisang goroho atau pisang khas daerah setempat, merupakan makanan tambahan atau pokok bagi orang yang menderita penyakit gula atau diabetes melitus. Caranya, buah pisang goroho yang belum matang dikukus kemudian dicampur dengan kelapa parut muda.
Satu pisang ukuran sedang memiliki sekitar 3 gram serat.
Penelitian lain telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 2 (pasien yang belum tergantung insulin), yang menkonsumsi diet tinggi serat memiliki peningkatan kadar glukosa darah dan peningkatan lipid dan insulin. Tapi masih harus tetap memperhatikan/memperhitungkan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi merupakan hal penting untuk menghindari lonjakan gula darah. Oleh karena itu makan pisang dengan porsi yang terkontrol adalah aman untuk penderita diabetes. Dari haswil laporan “Diabetic Medicine” edisi Oktober 1992 menemukan bahwa peserta studi yang makan pisang masak memiliki respon studi yang makan pisang memiliki respon glikemik rendah. Para peneliti mengatakan hingga 90 persen dari karbohidrat dalam pisang belum matang berasal dari pati, tetapi ketika matang kandungan karbohidrat pisang sebagian besar merupakan gula bebas. Oleh karena itu, yang disarankan pada pendeita diabetes adalah pisang, yang belum benar-benar masak.
6. Manfaat bagi Penderita Anemia
Dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.
7. Manfaat bagi Penderita Lever
Pada penderita penyakit lever bagus mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.
8. Manfaat pisang untuk Mengatur Berat Badan
Pisang tinggi serat, satu buah pisang dapat mengandung hampir 10 persen dari kebutuhan serat harian. Vitamin B6 juga dapat membantu melindungi terhadap diabetes tipe 2 dan membantu dalam penurunan berat badan. Secara umum, pisang dapat membantu penurunan berat badan karena, yang membantu menekan nafsu makan. Pisang juga membantu mempertahankan kadar gula darah selama latihan.
Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti seseorang kehilangan berat badan dengan berdiet 4 (empat) buah pisang dan 4 (empat) gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu, jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan. Menu ini menyehatkan bagi tubuh.

Bila ingin gemuk, minumlah satu gelas banana shake yang dicampur madu, kacang dan mangga, sesudah makan. Menu ini bila dikonsumsi setiap hari, akan membantu menaikkan berat badan.
Selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih.

Untuk menambah berat badan, dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan, akan menaikkan berat badan.
Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena vitamin C dapat secara cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat.

Pure pisang atau krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare. (Jenis makanan seperti saus apel dan pisang, direkomendasikan untuk perawatan diare. Elektrolit seperti kalium, akan hilang dalam jumlah besar selama masa diare, sehingga dapat membuat penderita yang terkena dampak merasa lemah..
9. Membantu melancarkan peredaran darah
Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium membantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.
.
10. Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat pisang membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. menurut National Institutes of Health. Senyawa ini menjaga membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.Seperti buah-buahan lainnya, pisang dapat membantu mencegah degenerasi makula, kondisi tidak dapat disembuhkan, yang menyebabkan penglihatan sentral kabur.
Wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, dan pria membutuhkan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.
11. Menormalkan Fungsi Jantung
Mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium yang membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel untuk menjaga detak jantung.
Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematika. Pisang mempunyai kalium yang tinggi dan kandungan sodium yangrendah yang dapat membantu melindungi sistem kardiovaskular terhadap tekanan darah tinggi menurut FDA.
12. Anemia – Kandungan Fe ( zat besi) menjadikan buah ini baik dikonsumsi untuk penderita kurang darah. Konsumsi 2 buah pisang perhari.
13. Asma – Sebuah studi yang dilakukan oleh Imperial College London menemukan bahwa anak-anak yang makan hanya satu buah pisang per hari memiliki peluang 34% lebih kecil untuk mengalami asma.
14. Membantu Penyembuhan Luka
Pada pohon pisang terdapat berbagai kandungan yang dapat memberi manfaat bagi kita. Di dalam getahnya terdapat kandungan fitokimia “saponin (kandungan terbanyak), antikuinon yang dapat berfungsi sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit (Budi , 2008)
15. Manfaat bagi Otak. Pisang sebagai sarapan di kalangan negara maju menjadi salah satu pilihan terbaik. Campurkan potongan pisang pada sereal, memberikan sumber kalori yang cukup untuk mengawali aktivitas. sebuah penelitian yang diikuti 200 pelajar, membuktikan bahwa konsentrasi belajar mereka meningkat sejak menjadikan menu pisang pada sarapan. Kandungan kalium pada pisang, memberikan stimulun pada otak. Pada bayi yang baru memulai memakan makanan padat, pisang menjadi pilihan yang baik karena bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.
16.Seorang ibu hamil memerlukan konsumsi yang baik untuk dirinya dan janin yang dikandung. Asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-100 kalori terkandung dalam pisang, hal ini penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin. Selain itu pisang dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula darah tetap stabil pada ibu hamil. Untuk lebih menunjang pertumbuhan janin yang sehat, diperlukan juga mengkonsumsi kacang-kacangan untuk mendapatkan manfaat kacang hijau dan manfaat kacang merah.
Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi, menurut Departemen Pertanian AS, buah segar favorit Amerika. Buah kuning melengkung yang panjang mengandung kalium dan pektin. Buah pisang juga dapat menjadi cara yang baik untuk mendapatkan magnesium dan vitamin C dan B6. Buah pisang tinggi antioksidan, yang dapat memberikan perlindungan dari radikal bebas.
Manfaat buah pisang, yang dikenal untuk mengurangi pembengkakan, membantu melindungi terhadap penyakit diabetes tipe 2 (tidak tergantung insulin), membantu menurunkan berat badan, memperkuat sistem saraf dan membantu produksi sel darah putih, semua karena kandungan tinggi vitamin B6 yang pisang.

17. Membantu Meredakan Depresi Dan Suasana Hati
Pisang dapat membantu mengatasi depresi, karena tingginya tingkat tryptophan, yang diubah tubuh menjadi serotonin, neurotransmiter otak suasana hati meningkat, vitamin B6 dapat membantu tidur nyenyak, dan magnesium membantu untuk mengendurkan otot.
18. Manfaat Bagi Tulang
Kalsium pada pisang tidak terlalu banyak, tetapi pisang masih dapat membantu menjaga tulang yang kuat. Menurut sebuah artikel 2009 di Journal of Physiology dan Biokimia, pisang mengandung banyak fructooligosakarida. Kandungan pada pisang adalah karbohidrat nondigestive yang menstimulasi priobotik bagi pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.
19. Membantu Pengobatan Penyakit Kanker
Beberapa bukti menunjukkan bahwa konsumsi pisang dapat melindungi terhadap kanker ginjal. Sebuah studi Swedia 2005 menemukan bahwa wanita yang makan lebih dari 75 porsi buah dan sayuran mengurangi risiko kanker ginjal sebesar 40 persen, dan bahwa pisang yang sangat efektif. Wanita yang makan 4-6 buah pisang seminggu dapat mengurangi risiko terkena kanker ginjal.
Pisang dapat membantu dalam mencegah kanker ginjal karena tinggi tingkat senyawa fenolik antioksidan.
Resiko makan pisang berlebihan
Tidak ada efek samping yang signifikan terkait dengan akibat makan pisang. Namun, makan buah pisang yang berlebihan, memungkinkan memicu sakit kepala dan mengantuk. Sakit kepala tersebut disebabkan oleh asam amino dalam pisang yang melebarkan pembuluh darah. Pisang masak mengandung lebih dari asam amino dari pisang lainnya. Pisang juga dapat berkontribusi menyebabkan rasa ngantuk ketika dimakan lebih karena jumlah tinggi triptofan ditemukan di dalamnya. Magnesium juga melemaskan otot-otot.
Pisang adalah yang buah manis, jadi jika makan terlalu banyak, dan tidak dapat mempertahankan kebersihan gigi, dapat menyebabkan kerusakan gigi. Pisang tidak mengandung cukup lemak atau protein sebagai syarat makanan sehat, jadi hanya dapat mempertahankan secara efektif paska-latihan yang ringan saja.
Makan pisang yang terlalu banyak akan menjadi beresiko signifikan. USDA merekomendasikan bahwa orang dewasa makan sekitar dua cangkir buah sehari, atau sekitar dua pisang. Jika makan puluhan pisang setiap hari, beresiko tingkat vitamin dan mineral terlalu tinggi.

Kalium berlebihan dapat menyebabkan hiperkalemia, yang ditandai dengan kelemahan otot, kelumpuhan sementara dan detak jantung tidak teratur. Hal ini dapat memiliki konsekuensi serius, tetapi gejala hiperkalemia baru dapat timbul jika makan pisang sekitar 43 pisang dalam waktu singkat.
Mengkonsumsi lebih dari 500 miligram vitamin B6 harian (dapat diperoleh dengan makan pisang sebanyak ribuan buah pisang) mungkin dapat menyebabkan kerusakan saraf di lengan dan kaki.

Manfaat pisang bagi kecantikan :
Pisang sebagai pelembab kulit. Yang kaya kalium dan kelembaban, pisang dapat melembabkan kulit kering, sehingga lembut dan lentur. Diaplikasikan pada kulit yang mengelupas dan kering, dengan cara mengaplikasikan sebagai masker wajah pisang di wajah. Haluskan pisang matang dengan sendok kemudian aplikasikan masker ke wajah, hindari daerah sekitar mata dan mulut. Bilas dengan air dingin setelah 10 sampai 15 menit.
Manfaat pisang adalah untuk mengkontrol minyak di kulit,
Pada kulit berminyak, gunakan masker wajah pisang dan tambahkan sedikit jus lemon dan madu. Pisang adalah eksoliator besar yang membantu mengelupaskan kelebihan sebum di permukaan kulit. Hal ini juga berisi dan mengandung air, kalium dan vitamin E dan C yang semua dapat menjadikan kulit bersinar. Hancurkan pisang matang dengan sendok dan tambahkan 1 sendok makan madu dan 1/2 sendok teh jus lemon untuk membuat masker wajah. Kemudian bilas dengan kain basah atau air dingin.
Anti penuaan. Pisang juga mengandung anti oksidan yang membantu memudarkan bintik-bintik dan mencegah garis-garis halus dan kerutan di wajah. Anda dapat memelihara kulit wajah anda untuk menghasilkan kulit yang lembut, terkelupas dan melindungi kulit dewasa. Campurkan satu pisang, 1 sendok teh jus lemon dan 1 sendok teh yogurt kemudian maskerkan pada wajah anda secara merata dan diamkan kurang lebih 10-15 menit kemudian bilas dengan air dingin.
Mengobati jerawat
Jika terdapat jerawat yang terus bermunculan dan sepertinya cara apapun tidak lagi bisa menolong, cobalah pengobatan alami dengan buah pisang. Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu kemudian dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit dan basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, diulang selama 2 minggu dapat membuat kulit tampak bersih bersinar dan jauh dari jerawat (asalkan seseorang tersebut tidak alergi terhadap pisang).
Atau kulit pisang bisa dijadikan obat ramuan sendiri yang sangat baik untuk mengobati jerawat. Dengan cara mengaplikasikan bagian dalam kulit pisang ke jerawat untuk mengurangi peradangan dan menghancurkan bakteri.
Menyamarkan bintik-bintik gelap. Entah itu bekas jerawat, tahi lalat kecil, bintik-bintik usia atau hanya bintik-bintik gelap yang membuat wajah kusam, Dapat mengurangi dan menghasilkan warna kulit umumnya setelah rutin mengaplikasikan pisang tumbuk ke wajah setidaknya dua kali seminggu.
Melembabkan Kulit kering, dengan cara ambil buah pisang ambon secukupnya, giling sampai halus. Tambahkan dua sendok makan minyak zaitun, oleskan secara merata pada muka yang sebelumnya sudah dibersihkan. Biarkan mengering selama 20 menitan. Cuci dengan air bersih. Lakukan setiap hari.
Menghilangkan bekas jerawat ataupun bekas cacar air, dengan cara Ambil bagian dalam kulit pisang emas, gosokan pada muka, biarkan sesaat sampai kering kemudian cuci dengan air. Lakukan sampai bekas jerawat menghilang. Kulit wajah akan menjadi halus dan kencang.
Menghaluskan kulit tangan dan kaki, dengan cara menggosokkan kulit pisang mas bagian dalam pada tangan dan kaki yang kasar/pecah-pecah. Lakukan setiap hari.
Penyubur rambut, jemur kulit pisang mas lima buah sampai kering lalu tumbuk hingga menjadi serbuk. Tambahkan satu butir telur ayam yang diambil kuningnya dan satu cangkir air bersih, aduk merata. Oleskan pada rambut.
Penghitam dan pencegah rambut rontok,ambil bonggol pisang yang baru ditebang secukupnya, cincang dan parut. Peras lalu ambil airnya. Bubuhkan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat. Lakukan setiap pagi.|
Kulit pisang dapat juga digunakan sebagai cream anti nyamuk, membantu sistem syaraf, dapat membantu perokok untuk menghilangkan pengaruh nikotin, stres, mencegah stroke, mengontrol temperatur badan terutama bagi ibu hamil, menetralkan keasaman lambung, dan sebagainya.
Tanaman pisang secara genetis dapat menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari serangan penyakit. Para peneliti sedang mencoba memproduksi antigen untuk coating Virus Hepatitis B dari buah pisang. Apabila vaksin Hepatitis B tersebut berhasil ditemukan maka vaksin Hepatitis B akan menjadi sangat murah.
Peneliti lain mengembangkan pisang untuk membantu melawan penyakit campak atau cacar air, penyakit kuning, polio, dan dipteri. Saat ini, peneliti telah mencoba pada relawan, di mana dihasilkan penurunan tekanan darah 10 persen dengan mengonsumsi dua buah pisang setiap hari.

DAFTAR REFERENSI :
http://ad71ck_staff.uns.ac.id/archives/370, dakses tanggal 14 Maret 2017
http://organisasi.org/khasiat-dan-manfaat-buah-buahan-alami-bagi-tubuh-manusia-ilmu-kesehatan-masyarakat, diakses tanggal 14 Maret 2017
http://o-onews.blogspot.com/2010/07/15-manfaat-pisang-bagi-tubuh.html, diakses tanggal 10 Maret 2017
http://virasiswanto.multiply.com/journal/item/3/Pisang_Kaya_Manfaat, diakses tanggal 14 Maret 2017
http://hanyawanita.com, diakses tanggal 14 Maret 2017
http://KabariNews.com, diakses tanggal 14 Maret 2017
www.khasiatqnc.com, diakses tanggal 13 Maret 201
http://www.amazine.co/23785/sejarah-pisang-asal-dan-kisah-penyebaran-buah-pisang/, diakses tanggal 13 Maret 2017
http://ayokesehatan.blogspot.co.id/2014/07/20-manfaat-buah-pisang-untuk-kesehatan-tubuh.html, diakses tanggal 13 Maret 2017
http://caramelangsingkantubuh.web.id/, diakses tanggal 12 Maret 2017
http://khasiat.net/, diakses tanggal 12 Maret 2017
http://lensza.co.id/, diakses tanggal 12 Maret 2017
http://manfaat.co.id/9-manfaat-pisang-bagi-kesehatan-dan-pengobatan-penyakit, diunduh tanggal 11 Maret 2017
http://www.nangimam.com/2013/12/kandungan-gizi-dan-manfaat-buah-pisang.html, diakses tanggal 11 Maret 2017
http://saransehat.com/, diakses tanggal 11 Maret 2017
Astawan, 2005, Pisang Buah Kehidupan,
http://www.kompas.com/kesehatan/newss/0508/10/074633/htm), diakses
tanggal 11 Maret 2017

Dapat disimpulkan bahwa banyak sekali kandungan manfaat pisang yang dapat kita rasakan secara langsung, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Semoga bermanfaat. Silahhkan di share untuk mencerdasakan bangsa terhadap peranan herbal bagi kesehatan dan kecantikan. Barokallah. Aamiin. (*AR).

Previous post

Disdamkar Kota Bekasi Tak Punya Anggaran Seragam dan Kelengkapan Anggotannya

Next post

Yuk Beli Buku di Big Sale Gramedia Store Mega Bekasi Hypermall

saluransatu1

saluransatu1

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *