dr. Herbal MedisLain-lainUncategorized

Tips Wajah Cantik Dengan Herbal

TIPS WAJAH CANTIK DENGAN HERBAL

cantik dengan bahan herbal alami

Mempunyai kulit awet muda adalah idaman semua orang, tak sedikit orang menempuh berbagai cara untuk menjadikan kulit bersih kencang serta terlihat awet muda. Mulai dari operasi plastik,  terapi pengobatan, pola hidup, pola makan sehari-hari hingga melakukan aktifitas diluar jangkauan pondasi medis seperti semedi, berpuasa serta mandi dengan berbagai macam ramuan. semua itu bertujuan untuk mendapatkan keinginan untuk mendapatkan kecantikan kulit.

Regenerasi selalu terjadi pada setiap jaringan yang ada di dalam tubuh kita. Termasuk juga regenarasi jaringan kulit. Tetapi, regenerasi tidak selamanya berjalan dengan baik, beberapa faktor seperti pola makan, lingkungan, gaya hidup, dan terutama faktor usia banyak mempengaruhi proses regenerasi. Yaitu tampaknya garis-garis halus di sekitar hidung, dagu, dan mulut juga munculnya kantong di bawah mata, termasuk juga hilangnya kekencangan kulit disebabkan oleh menurunnya produksi kolagen, yaitu protein yang bertanggung jawab menjaga kekencangan kulit.

Dan salah satu cara untuk medapatkan kecantikan kulit, menjaga kekencangan kukit,  dapat diperoleh dari bahan-bahan herbal, antara lain:

1. Manggis
Buah ini bernama latin Gracinia, buahnya berkhasiat sebagai antioksidan terbaik yang mengandung Xanthone. Kulitnya mengandung antioksidan ekstra,  kalium, kalsium, Vitamin B komplek Vitamin C dan lainnya, senyawanya memiliki kemampuan memperlambat sel penuaan pada kulit.

2. Brokoli
Brokoli mengandung sumber fitonutrien mempunyai manfaat  membantu mencegah kanker, menjaga kulit dari penuaan dini, sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

3. Anggur
Buah ini mengandung Resveratrol yang terbukti melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan juga membantu menjaga terjangkitnya kanker kulit,  mencegah  berbagai penyakit kulit.  Buah anggur sangat efektif untuk  memberikan nutrisi bagi kulit untuk terapi kecantikan.

4. Apel
Mengandung vitamin E sebagai pelindung kulit juga merupakan sumber vektin untuk mencegah plak atau penumpukan kolesterol pada pembuluh darah disamping itu sangat baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan.

5. Jahe
Mengandung antioksidan yang sangat besar yang bisa memberikan daya tahan pada  tubuh, memberikan efek baik terhadap perawatan kulit juga mampu memberikan mood pada kondisi tubuh.

6. Bawang Putih
Mengandung flavanoid untuk menjaga kesehatan dari berbagai macam penyakit seperti diabetes, radang ataupun kanker dan mengurangi kadar kolesterol pada darah memberikan kekuatan dari dalam, juga kandungan antibakterinya cukup baik untuk menghidupkan kembali sel-sel mati pada kulit. Namun baunya tidak banyak disukai orang.

Menjaga regenerasi kulit juga dapat diperlambat dengan melakukan perawatan kulit yang harus dilakukan setiap hari, dengan tahapan sebagai berikut;

Pembersihan

Dapat dengan menggunakan bahan-bahan sesuai jenis kulit, antara lain:
– Buah jeruk (mengandung vitamin C),
– Buah strawberry (caranya campurkan dua sendok teh yogourt plain dan 5 buah strawberry hingga berbentuk pasta), bersihkan wajah dua kali sehari.
– campuran minyak zaitun dan minyak jarak.
– Buah apel (untuk kulit wajah kering)
– Madu
– Almond
– Buah nanas (untuk kulit berminyak)
– Buah tomat
– Mentimun
– Susu
– Putih telur
– Buah anggur
Pembersih wajah bertujuan untuk membersihkan keringat dan kotoran dari pori-pori kulit, dan mengangkat kotoran dan bakteri. Ini adalah pembersihan awal yang bertujuan menghilangkan kotoran, membuat permukaan kulit segar dan siap dilakukan pijatan di wajah.

Pijat

Memijat ringan harus menggunakan minyak, contohnya dengan bahan-bahan herbal seperti cendana, licorice, minyak zaitun. Memijat berfungsi untuk mengencangkan kulit dan membantu mengurangi keriput halus.

Steam herbal

Kehangatan, kelembaban dan aroma dari infus yang digunakan untuk uap membantu menghilangkan otot dan mental ketegangan, meningkatkan sirkulasi dan mengaktifkan pori-pori dan kelenjar. Frekuensi dari prosedur ini harus disesuaikan dengan kondisi kulit. Untuk kulit kering, uap dilakukan dua minggu sekali. Diberikan campuran Dashamoola (kelompok sepuluh herbal),  bubuk cendana dicampur dengan air, dan direbus. Untuk kulit normal, infus Withania somnifera (Ashwagandha) dan cendana,  untuk kulit berminyak, infus serai dan bubuk cendana.

Gentle Scrub

Scrubbing harus dilakukan dengan tangan yang sangat ringan, agar tidak menyebabkan kerusakan kulit wajah. Fungsinya merangsang sirkulasi dan meremajakan kulit.
Bahan-bahan yang dapat digunakan antara lain buah strawberry, minyak zaitun.

MASKER / PEMUPUKAN

Lapisan kulit dipupuk dengan menggunakan masker. Masker juga dapat mencegah pembentukan jerawat dan komedo. Dapat digunakan lidah buaya (Aloe Vera), jus lemon, air mawar dicampurkan untuk mempersiapkan masker. Berbagai paket perawatan wajah, yang berisi serbuk jamu, dan gel buah-buahan dan sayuran juga digunakan untuk meningkatkan sirkulasi, untuk membersihkan dan mengencangkan kulit wajah. Pemberian masker harus sampai masker yang digunakan mengering. Kemudian harus dihapus dengan menggunakan air dingin dan kain bersih atau kapas.

TONER

Digunakan untuk mengencangkan kulit (efek astringent) dan mencegah mudahnya timbulnya kotoran dan debu di kulit. Contoh bahan herbal yang digunakan adalah cuka apel, air mawar, teh hijau, mentimun, jeruk nipis, garam himalaya (garam untuk masakan).

PELEMBAB

Semua jenis kulit membutuhkan pelembab untuk melindungi dari pengeringan dan infeksi bakteri. Aloe Vera dengan gliserin dan ghee dapat digunakan sebagai pelembab buatan sendiri yang sederhana. Pelembab sebaiknya diberikan di malam hari, fungsinya membuat kulit halus dan berkilau.

Masker Wajah

Pilihan yang paling tepat untuk masker wajah adalah menggunakan bahan yang alami, yaitu bahan yang tidak mengandung bahan kimia. Berberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengencangkan kulit wajah, dan menjadikannya tepat sehat adalah:

Kayu cendana

Cara aplikasi dengan mencampurkan bubuk cendana dengan air mawar dengan perbandingan 1:1, kemudian mengoleskannya pada wajah dan dibiarkan hingga kering. Setelah kering, kemudian dibasuh dengan air dingin. Masker wajah ini sangat efektif untuk menghilangkan minyak dan menjaga pori-pori kulit agar tetap normal dan terbuka.

Putih Telur dan Lemon

Cara aplikasi adalah dengan memisahkan putih telur dari kuning telur kemudian menambahkan jus lemon di dalamnya. Setelah dikocok lembut hingga berbusa, oleskan campuran tersebut dengan kuas dan biarkan sampai kering, dan setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. Masker putih telur bermanfaat untuk menenangkan kulit agar selalu tampak berseri-seri.

Madu dan Susu

Cara aplikasi adalah dengan mencampurkan 1 sdt madu dengan 5 sdt susu dan beberapa tetes minyak vitamin E, setelah diaduk hingga merata kemudian oleskan campuran ini pada wajah, lakukan secara rutin dua kali seminggu. Setelah 10 menit, cuci masker ini dengan air hingga bersih. Masker madu dan susu beranfaat dalam menenangkan kulit agar selalu tampak berseri-seri.

Pisang

Masker pisang bermanfaat untuk membebaskan kerut, menyegarkan dan membersihkan kulit. Cara aplikasi alah dengan melembutkan pisang matang dalam mangkuk, kemudian oleskan secara merata pada seluruh wajah, leher dan dada bagian atas. Biarkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air.

Facial Massage

Memijat wajah secara teratur sebelum tidur akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke wajah. Memijat wajah secara melingkar ke atas akan membantu menunda perkembangan keriput dan garis-garis halus pada wajah. Selalu gunakan pelembab yang berkualitas yang tidak mengandung bahan kimia  untuk memijat leher.

Ada berbagai kegiatan sebagai anti

Olahraga

Diet penurunan berat badan yang ketat kebanyakan menyebabkan kulit kendur, ini biasa terjadi ketika berat badan menurun secara cepat. Penurunan berat badan setelah hamil juga dapat menyebabkan hal itu. Olahraga banyak disarankan untuk mengatasi kasus tersebut. Dengan olahraga diharapkan bisa membantu meningkatkan kekencangan kulit dengan mendorong otot jaringan ikat.

Peningkatan kekenyalan dan kekencangan kulit terjadi seiring dengan semakin lancarnya aliran darah ke wajah yang membantu mendorong stabilnya peremajaan sel-sel kulit. Tetapi hal yang perlu anda perhatikan adalah jika penurunan berat badan akibat diet yang ketat, anda harus berhati-hati melakukannya. Diet penurunan berat badan yang ketat banyak memberikan efek samping jika anda melakukan olahraga berat dan ekstrim. Harus disesuaikan kondisi, jangan sampai olahraga menyebabkan kehabisan energi akibat nutrisi yang tidak memadai. Untuk itu harus dikomunikasikan dengan instruktur olah raga jika melakukan olah raga di sarana kebugaran.

Diet

Diet yang berkualitas adalah diet mengkonsumsi nutrisi seimbang yang berisi asam amino esensial, protein, asam lemak omega yang bermanfaat untuk peremajaan kulit atau regenerasi sel kulit. Selain itu, sebagai pasokan antioksidan, konsumsi buah-buahan dan sayuran mutlak diperlukan. Buah-buahan dan sayur-sayuran adalah sumber vitamin dan mineral agar kulit tampak sehat, muda dan cerah.

Air juga merupakan komponen penting yang harus dikonsumsi minimal 8 gelas atau 2 liter per hari. Air sangat diperlukan selain untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh juga berfungsi untuk membantu menghilangkan racun, bahan kimia, dan produk limbah di dalam tubuh yang dapat menurunkan kesegaran dan regenerasi kulit. Elastisitas dan kelembaban kulit juga sangat tergantung pada seberapa banyak air yang kita konsumsi.

Mandi air asin

Air garam sangat baik untuk menetralisir racun dan membuang sisa racun di kulit badan anda. Untuk itu sekali dalam seminggu mandi air asin dapat  membantu untuk mengencangkan kulit dengan cara membuang kotoran dan racun dari kulit yang dapat mengganggu regenerasi kolagen. Cara aplikasi tambahkan 2 sdt garam (idealnya garam laut/grasak) dalam air mandi, kemudian gunakan untuk mandi.

Lindungi kulit dari matahari

Radiasi UV dari sinar matahari secara berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu, batasi paparan sinar matahari yang berlebihan agar kerusakan lapisan kulit superfisial karena radiasi UV dapat dicegah. Selain dapat merusak lapisan kulit, paparan sinar matahari yang intens juga bisa merampas minyak alami dan kelembaban kulit, keadaan ini dapat mendorong kerusakan kolagen.

Banyak orang yang menggunakan Cream yang mengandung SPF untuk melindungi kulit dari sinar matahari langsung. Belum diketahui dengan pasti apakah SPF aman digunakan dalam jangka panjang. Beberapa penelitian mengatakan bahwa pemakaian SPF dalam jangan panjang dapat menimbulkan kanker kulit. Oleh karena itu, seyogyanya anda berhati-hati dalam menggunakan Cream yang mengandung SPF, terutama penggunaan SPF30 ke atas. Yang lebih aman adalah selalu gunakan penutup ketika berada di bawah sinar matahari.

Hindari Merokok

Merokok dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kulit dan juga mengganggu produksi kolagen. Berhenti merokok sedini mungkin tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik secara umum, tetapi juga melindungi dari berbagai gangguan metabolisme, medis dan Neo-Plastik.

Hindari alkohol

Kurang tidur

Previous post

Menteri Agama: Pesantren Miliki Peran Merebut Bangsa dari Penjajah

Next post

Mahasiswa & Komunitas Galang Aksi Solidaritas Mendukung Roro

saluransatu1

saluransatu1

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *