AkademiaNewsUncategorized

PNS Kabupaten Bekasi Ini Ikuti Ujian Paket C

LingkarBekasi – Ujian Nasional Non formal paket yang diselenggarakan bersamaan dengan sekolah formal serentak di seluruh Indonesia diikuti oleh PNS dari Dinas Kebersihan Kabupaten Bekasi.

“Peserta ujiannya dari berbagai kalangan, ada juga dari PNS dinas kebersihan,” ucap Abdul Fattah, ketua UN paket C di SDN Mekarsari.

Dilihat dari kartu peserta, salah satu PNS tersebut bernama Rajan. Rajan berusia sekitar 50 tahunan, peserta didik Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Rajan mengatakan, ia mengincar ijazah yang setara dengan SMA tersebut.

Mayoritas peserta Paket C tahun ini berada pada usia sekolah, disusul usia produktif seperti 30 sampai 40-an dan beberapa usia 50 tahunan ke atas.

“Paket ini, kan, pendidikan orang dewasa, beda dengan anak usia sekolah. Ada peserta didik yang berada di atas usia sekolah, usia produktif lah, 30 puluhan,” jelas Abdul Fattah kemudian.

Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengubah regulasi Ujian Nasional (UN) Paket C, UN yang biasanya digelar seminggu setelah UN pendidikan formal menengah atas, kini diselenggarakan dengan jadwal yang sama.

Di Kabupaten Bekasi ada 5 titik yang menyelenggarakan UN Paket C dengan jumlah peserta mencapai 1.930 orang dari 30 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Salah satunya di SDN Mekarsari 01, Tambun Selatan, sekira 652 peserta dari 2 PKBM mengikuti UN di sekolah tersebut.

“Paket C mata pelajaran yang diujikan sama dengan formal untuk IPA dan IPS. Jadwalnya sama, hanya jamnya yang berbeda. Diselenggarakan setelah pendidikan formal, ada yang menumpang di SD dan SMP,” imbuhnya.

Pada UN yang berlangsung Selasa (5/4), sekira 60 orang tidak bisa menghadiri karena berbagai penyebab, di antaranya sakit dan tidak mendapatkan izin dari tempat bekerja.

“Untuk yang tidak ikut hari ini bisa ikut susulan yang dimulai Senin (11/4) depan,” singkat pria yang juga menjabat Ketua PKBM Rini Handayani tersebut.

Di Tambun Selatan, terdapat 2 sekolah yang dipakai untuk pelaksanaan UN Paket C, di antaranya SDN 01 Setiadarma dengan 180 peserta dan SDN Mekarsari 01 dengan 294 peserta. (SL)

Previous post

Bappeda Kota Bekasi Harap Pansus DPRD Segera Putuskan Nasib Proyek Multiyears

Next post

DPRD: Tangkap Guru Cabul di SMPN 10 Tambun Selatan!

saluransatu1

saluransatu1

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *