Wi-Fi Akan Jadi Sejarah Dua Tahun Mendatang, Ucapkan Selamat Datang pada Li-Fi

LingkarBekasi – Wi-Fi adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi dapat terhubung ke internet ketika berada dalam jangkauan sebuah jaringan nirkabel yang terhubung ke internet.

Namun, seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi dan gadget semakin pesat. Dalam waktu dua tahun ke depan, Wi-Fi akan menjadi sejarah karena lampu di rumah Anda dapat memberikan akses internet dengan kecepatan 100 kali lebih cepat dari koneksi Wi-Fi yang ada saat ini.

Di ajang Mobile World Congress di Barcelona baru-baru ini, start-up asal Perancis, Oledcomm menunjukkan kemampuan Li-Fi, dimana mereka hanya menggunakan lampu kantor untuk mulai memainkan video di dalam aplikasi smartphone. Teknologi Li-Fi ini hanya menggunakan komunikasi cahaya, sehingga tidak bisa menembus dinding. Namun, memberikan potensi jaringan yang lebih cepat dan aman.

Teknologi ini bekerja pada frekuensi yang dihasilkan oleh lampu LED. Sementara, kecepatan di laboratorium yang pernah dicatat lebih dari 200 gbps, sangat cepat, bahkan untuk mengunduh setara 23 DVD saat membutuhkan waktu 1 detik.

“Li-Fi memungkinkan kecepatan yang 100 kali lebih cepat dari Wi-Fi yang menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan data.” kata Topsu yang kami kutip dari Mail Online.

Li-Fi bisa digunakan saat di rumah sakit, sekolah, supermarket, museum dan lain-lain. Sistem ini tidak mungkin utuk menggantikan Wi-Fi sepenuhnya di tahun-tahun mendatang, tetapi dapat diguanakan sebagai alternatif untuk membuat jaringan lebih cepat dan lebih aman. (JJ4)

sumber foto: Google

Be the first to comment on "Wi-Fi Akan Jadi Sejarah Dua Tahun Mendatang, Ucapkan Selamat Datang pada Li-Fi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*