Citizen JournalismInternasionalUncategorized

Hari Ini 1 Desember Peringati Hari AIDS Sedunia #AIDSDay

Lingkarbekasi – 1 Desember adalah tanggal memperingati Hari AIDS Sedunia untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Hari AIDS Sedunia ini pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, merupakan dua pejabat informasi masyarakat dalam Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss.

Bunn dan Netter menyampaikan gagasan mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Pgoram AIDS Global yang kini bernama UNAIDS. Dr. Mann lalu menyetujui dan sepakat bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia  pada tanggal 1 Desember 1998.

Sejak saat itulah, organisasi-organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia mulai memperingati Hari AIDS Sedunia setiap tanggal 1 Desember, dengan meliputi kampanye kampanye di jalan-jalan ibukota masing-masing negara, hingga melakukan kegiatan amal untuk membantu meringankan beban materi maupun psikologis pada penderita virus HIV AIDS, atau yang dikenal dengan ODHA (Orang Dengan HIV AIDS).

Dua tahun pertama, tema Hari AIDS Sedunia dipusatkan pada anak-anak dan orang muda. Akhirnya tema ini dikiritk karena mengabaikan dari usia berapapun dapat terinfeksi HIV dan menderita AIDS.

Hingga kini, belum ada yang menemukan cara untuk mengobati HIV AIDS dari ilwuman di seluruh dunia. Dengan itu, seluruh komunitas internasional merasa penting untuk selalu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya virus ini. Namun, juga tidak mengucilkan para penderita yang sudah terkena virus mematikan itu.

”Dengan momentum peringati Hari AIDS Sedunia (HAS) tahun 2015, diharapkan agar semua lapisan masyarakat dan semua pihak yang terkait, tanpa terkecuali, dapat meningkatkan kontribusi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS sebagai “musuh bersama” umat manusia didunia yang diawali dengan diterapkannya perilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ketua Panitia Nasional,  dalam buku panduan Peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2015. (Cj1)

Previous post

Film Animasi The Good Dinosaur Hadir Dua Versi di Indonesia

Next post

Hadiahi Anak Pertama, Mark Zuckerberg Sumbangkan 99% Saham Facebook

saluransatu1

saluransatu1

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *