Badai Pasir Landa Timur Tengah

wpid-badai_pasir_arab

Lingkarbekasi – Badai pasir besar yang menyelimuti sebagian besar Timur Tengah, Kamis (10/9/15) melanda Jeddah Arab Saudi pada pukul 06.00 waktu setempat.

Dilansir arabnews.com, badai pasir mulai melanda Jeddah pada Selasa (8/9/15) pagi. Badai berlangsung selama 40 menit dengan angin sarat pasir dan menimbulkan suara keras sehingga mampu menembus jendela dan terdengar dari dalam rumah.

Abdul Hameed-Abal Ari, pejabat senior di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, mengatakan kepada media setempat bahwa penerbangan ditunda sesaat, ” pesawat yang mendarat dialihkan ke bandara terdekat, sementara beberapa keberangkatan ditunda.”

Dia mengatakan tujuh penerbangan dialihkan ke Madinah, Yanbu dan Taif. “pada saat badai selesai, semuanya kembali normal,” katanya.

“Itu semua terjadi dalam hitungan menit,” kata Sadiya Haneef, warga distrik Al-Sulaimaniya.

“Saya bisa melihat dari balkon rumah, penampakan badai seperti jamur di cakrawala. Saya pikir itu adalah asap mengepul dari sebuah distrik yang jauh,” katanya.

“Setelah terlihat jelas bahwa itu badai pasir, saya segera bergerak dan berjuang untuk menutup pintu balkon. Angin kencang telah membuat semuanya menjadi gelap, “katanya.

Pengalaman di kawasan lain juga sama buruknya. “Ibu saya melihat awan gelap ketika ia mengunjungi kakak saya,” kata Mohammed Tareq (13).

Ali Al-Masry, karyawan swasta, kesal tidak ada peringatan terlebih dahulu. “Saya memiliki anak penderita asma. Jika saya tahu, saya akan mengambil tindakan pencegahan yang memadai. Sekarang saya harus membawanya untuk terapi nebulizer di rumah sakit.”

Dilaporkan sebelumnya, badai pasir ini telah mengakibatkan  sedikitnya dua wanita tewas di Libanon dan ribuan orang menderita masalah pernafasan. Badai pasir beserta awan tebal ini mulai menyapu sebagian besar Libanon, Suriah, Israel dan Siprus pada Senin (7/9/15).

Be the first to comment on "Badai Pasir Landa Timur Tengah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.