Battle of Surabaya Film Animasi Berkualitas Karya Anak Negeri

Battle_Of_Surabaya_The_Movie_Jadwal_Rilis_Daf

 

Lingkarbekasi – 20 Agustus 2015 menjadi momen penting bagi Sineas Indonesia yang memproduksi film animasi berjudul Battle of Surabaya. Dirilis pasca Hari Kemerdekaan, film animasi besutan MSV Pictures, Rumah Produksi animasi milik STMIK Amikom Yogyakarta ini menjadi film animasi terpanjang karya anak bangsa pertama yang berkualitas 2D, bercitarasa Hollywood berpadu khas Anime Jepang.

Battle of Surabaya mengisahkan perjuangan heroik seorang remaja penyemir sepatu bernama Musa di tengah kecamuk perang Indonesia melawan para penjajah di Surabaya. Berlatar pertempuran Surabaya, 10 November 1945, siapa sangka si ceking Musa didaulat menjadi kurir pengantar surat-surat penting berisi strategi perang bagi para tentara dan petinggi bangsa sekelas Jenderal Sudirman.

Di tengah tugasnya yang sangat berisiko, muncullah sosok Yumna dan Danu. Meskipun bersahabat baik dengan Yumna dan dijaga oleh Ex Tentara PETA bernama Danu, gelagat mencurigakan sempat Musa rasakan tatkala ia melihat Yumna dan Danu mempunyai tato sama berupa simbol gerakan paramiliter Jepang bernama Organisasi Kipas Hitam. Kipas Hitam adalah gerakan yang notabene membantu penjajah menghancurkan kedaulatan Nusantara.

Musa pun sempat hilang kepercayaan kepada Yumna dan Danu. Meski demikian, Yumna yang tulus ingin membantu Musa karena ia sudah tidak lagi bergabung di Kipas Hitam memutuskan untuk terus membantu Musa.

Namun Danu ternyata masih bersekutu dengan Kipas Hitam dan menjebak Musa dalam situasi sulit. Meski Yumna sudah berusaha menyadarkan Danu akan kesalahannya membelot bergabung dengan Kipas Hitam, Danu tetap pada pendiriannya karena benci terhadap para pejabat Nusantara.

Musa yang akhirnya menjadi target incaran penjajah dan tertangkap penjajah Inggris saat itu dijebak juga oleh Danu dan masuk penjara. Saat genting ketika Musa diinterogasi tentara Inggris itulah akhirnya ia bisa diselamatkan oleh Yumna dan beberapa tentara Indonesia lewat taktik jitu Yumna.

Namun situasi belum reda, apalagi pertempuran Surabaya semakin dekat sementara surat koordinasi yang biasa disampaikan Musa tidak kunjung sampai. Maka kecamuk perang pun tak terhindarkan lagi.

Di luar konteks cerita, Battle of Surabaya “There is no Glory in War”, merupakan cara baru melihat sejarah dalam bentuk lain. Dalam film ini, beberapa nama peristiwa dan tokoh pahlawan dihadirkan. Sebut saja pemboman Hiroshima dan Nagasaki juga tokoh pahlawan bangsa Jenderal Sudirman dan Bung Tomo.  Bahkan Bung Karno dan Bung Hatta.

Citarasa Hollywood dan Anime Jepang menjadi daya tarik dari film besutan sutradara Aryanto Yuniawan. Komedi-komedi segar menjadi bumbu di tengah ketegangan suasana perang Surabaya.

Alur maju-mundur juga menjadi daya tarik lainnya di samping kualitas gambar dan penokohan yang apik. Tak heran jika kabarnya Walt Disney kepincut dengan film ini dan berencana mendistribusikan film ini ke seluruh dunia. Dan tidak heran jika trailer film Battle of Surabaya menyabet berbagai prestasi di kancah lokal maupun internasional.

Menggandeng Reza Rahadian dan Maudy Ayunda sebagai pengisi suara Danu dan Yumna juga beberapa dubber asing sesuai bahasa negaranya, film yang kabarnya menghabiskan budget sebesar 15 Milyar dan tiga tahun masa pembuatan ini rasanya wajib masuk di daftar tontonan Anda bulan ini.

Dari sisi jalan cerita, film ini memang masih agak terlalu monoton, ditambah beberapa kali, penggunaan bahasa tokoh utama tidak sesuai dengan zaman itu.

Meski begitu, ini merupakan langkah awal bagi sineas nasional ini untuk lebih mengembangkan kualitas karyanya kedepan. Terutama untuk film animasi. Sebelum para animator Indonesia dilirik lebih dulu oleh perusahaan raksasa perfilman mancanegara.

Anda penasaran dengan film animasi Battle of Surabaya? Ajaklah keluarga, teman, sahabat, guru, murid, atau siapa saja menonton film ini di CGV Blitz BCP. Dan dukung terus perfilman Indonesia agar bisa menghadirkan film-film berkualitas! (anr)

Be the first to comment on "Battle of Surabaya Film Animasi Berkualitas Karya Anak Negeri"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.